Orang-Orang Sering Sekali Cepat Mengambil Kesimpulan Dari Apa Yang Mereka Lihat Dan Dengar

Orang-Orang Sering Sekali Cepat Mengambil Kesimpulan Dari Apa Yang Mereka Lihat Dan Dengar

Penting untuk kita ketahui bahwa tidak semua yang kita lihat dan kita dengar itu adalah berita atau informasi yang valid. Bisa saja, itu hoax, itu adalah isu-isu yang diberikan oleh orang-orang untuk memanipulasi dan menarik orang untuk percaya pada mereka. Padahal mereka saja tidak bisa memberikan bukti, fakta ataupun jaminan atas apa yang mereka katakan. Tapi ya namanya manusia, kadang suka lupa, suka terbawa suasana, sehingga menjadi terbawa akan suasana dan menjadi percaya pada orang. Atau kurangnya pendidikan dan informasi, sehingga mudah dipengaruhi.  

Orang-Orang Sering Sekali Cepat Mengambil Kesimpulan Dari Apa Yang Mereka Lihat Dan Dengar

Banyak sekali alasan kenapa orang mudah terpengaruh pada omongan orang, atau apa yang dia lihat. Padahal dia hanya melihat sekali, dan itu hanya permukaannya saja. Dan untuk hal yang didengarkan pun, itu hanya dia dengar dari orang lain, dan sumbernya pun tidak jelas. Dan tidak ada bukti yang bisa membuktikan akan hal tersebut. Tapi, orang masih bisa percaya. Kenapa? Ada beberapa kemungkinan, misalnya salah satu, dia kurang informasi, dia tidak tahu banyak hal, terutama soal topik yang sedang dibicarakan. Dan orang yang sedang memberikan penjelasan akan hal tersebut, terlihat sungguh-sungguh, dan meyakinkan. Sehingga orang akan mudah percaya. 

Itu adalah paling umum dilakukan. Okelah kalian bisa terima omongannya, karena di posisi itu, kalian tidak tahu banyak bahkan tidak tahu apa-apa soal apa yang dibicarakan. Tapi mereka bisa menjelaskan dengan lantang dan percaya diri sehingga kalian bisa memiliki keyakinan besar bahwa dia benar. Bahwa apa yang dikatakannya itu benar. Tapi tidak. Tidak semudah itu. Terima boleh, tapi kalian juga harus memastikan, dan observasi, cari tahu apakah memang benar seperti itu. 

Kalau kalian sudah cari tahu, dan ternyata tidak sesuai dengan apa yang dia katakan pasti kalian akan merasa kecewa. Karena merasa tertipu. Begitupun dengan saat kita dengan seenaknya asal menilai dan memberikan kesimpulan akan sesuatu. Untuk itu janganlah dengan mudah langsung mengambil kesimpulan langsung memberikan penilaian dari apa yang kalian lihat dan kalian dengar. Karena itu tidak bisa menjamin akan apa isi di dalamnya.