Kenapa Kita Harus Belajar Beberapa Pelajaran Yang Tidak Kita Gunakan Di Keseharian Kita

Kenapa Kita Harus Belajar Beberapa Pelajaran Yang Tidak Kita Gunakan Di Keseharian Kita

Mungkin bagi kalian yang sedang duduk di bangku sekolah, ada pikiran kenapa kita harus belajar begitu banyak pelajaran. Begitu banyak ilmu pengetahuan yang harus kita pelajari. Padahal belum tentu di kegiatan kita sehari-hari kita membutuhkannya. Dan untuk masa depan kita, pekerjaan kita nantinya, belum tentu akan menerapkan apa yang kita pelajar saat masa sekolah. Seperti sejarah, matematika, seni budaya dan lainnya. Belajar soal kimia, fisika, biologi, sosiologi, dan lainnya. Rasanya kenapa harus belajar semua itu.

Kenapa Kita Harus Belajar Beberapa Pelajaran Yang Tidak Kita Gunakan Di Keseharian Kita

Toh pada nantinya itu belum tentu dipakai di kehidupan sehari-hari. Rasanya kalau tahu begitu, mending kita pelajari hal lain yang benar-benar fokus pada minat dan bidang kita. Atau bisa ditiadakan beberapa pelajaran yang rasanya tidak akan kita gunakan dalam hidup sehari-hari. Mungkin ada beberapa dari kalian akan berpikir seperti itu. Tapi tidak. Semua pelajaran itu adalah penting. Penting sekali bagi kita, meskipun dalam kegiatan sehari-hari, atau dalam pekerjaan kita nantinya kita tidak akan bersenggolan dengan pelajaran tersebut. Tapi tidak ada ruginya kita mempelajari itu, tidak ada ruginya kita menjadi tahu ilmu tersebut. Karena itu membuat kita semakin besar wawasan kita. 

Semua pelajaran-pelajaran tersebut, yang ada beberapa materi yang rasanya ini tidaklah penting, tapi pada akhirnya, itu kita akan merasakan bahwa itu penting juga untuk kita ketahui. Selain membuat wawasan kita semakin luas, semakin besar, kita juga menjadi seseorang yang lebih cerdas. Lebih kreatif, kita bisa memiliki pandangan yang lain, itu melatih kita untuk melihat sesuatu dari sudut pandang yang berbeda. Itu melatih kita untuk bisa melihat dari sudut pandang orang lain, dan membuat kita menjadi seseorang yang lebih toleran.

Dan kita tidak akan menyesali telah mempelajarinya. Dan nikmatilah masa tersebut. Kalau bisa belajar lebih banyak lagi. Itu juga melatih otak kita untuk terus berpikir, sehingga otak kita tidak akan diam. Akan ada selalu kegiatan di otak, semua bagian bekerja, sehingga menjauhkan kita dari kelumpuhan otak, atau dementia. Dan ini sangat diperlukan oleh semua orang. Jadi tidak ada salahnya kita belajar sesuatu yang rasanya itu tidak akan kita gunakan sehari-hari.